Tips Jalan Jalan Ke Melbourne

Postingan ini akan membahas beberapa tips bagi anda yang akan berlibur ke kota Melbourne. Beberapa mungkin adalah hal yang umum yang juga mungkin dapat di implementasikan jika anda pergi ke negara / kota lain selain Melbourne. Jika ada hal yang perlu dibahas atau ditanyakan silahkan hubungi saya di bagian contact. Melbourne merupakan kota yang sangat aman namun persiapan tetap diperlukan.

SIM CARD Local


Ketika sampai dibandara atau di hotel, cari toko handphone terdekat untuk membeli SIM Card local untuk turis. Dengan harga $30-$50 anda dapat mengaktifkan internet dengan kapasitas yang cukup untuk anda habiskan dengan puas dalam kunjungan anda di Melbourne. Dalam hal ini saya menganjurkan untuk membeli Vodafone, Optus atau Telstra. Semua tergantung paket internet dan budget anda.

Namun fungsi terpenting dari SIM Card itu adalah koneksi internetnya, karena anda dapat membuka peta dengan smartphone anda. Apabila anda menggunakan android atau iphone anda akan sangat terbantu dengan adanya koneksi internet di handphone anda. Anda tidak akan takut kemana-mana karena anda selalu tahu dimana anda berada dengan menggunakan handphone anda.

Namun hal ini tidak berlaku jika anda mengikuti tur secara berkelompok dari Indonesia, dimana anda akan selalu dicari oleh tour guide anda. Namun seperti yang sudah saya katakan bahwa tour kelompok dan tur pribadi memiliki sensasi dan kelebihan yang berbeda di post ini.

Waspadalah


Banyak orang menyangka bahwa Melbourne ini seperti surga dimana tidak akan terjadi kriminal. Hallo? tidak ada 1 orangpun yang dapat menjamin kriminal itu 0 atau nihil. Karena tindakan kriminal dapat terjadi karena adanya kesempatan oleh karena itu apabila anda sedang berada di manapun termasuk kota Melbourne anda harus memperhatikan beberapa hal ini.

  • Jangan berjalan sendirian dilorong yang sepi
  • Apabila harus berjalan di malam hari, pastikan anda berjalan dibawah lampu terang meskipun anda harus berjalan agak ke tengah jalanan.
  • Pastikan anda memperhatikan siapa dibelakang dan didepan anda. Jika ada orang / lelaki yang mencurigakan segera ambil jalan untuk menghindar dan mencari keramaian.
  • Jangan meninggalkan barang berharga anda tanpa dijaga.

Bawa Fotokopi Passport


Terkadang kita segan untuk membawa passport kemana-mana dengan alasan keamanan, namun jangan salah bahwa passport itu juga merupakan identitas kita sebagai orang asing di negara asing. Tanpa identitas kita bukanlah siapa-siapa. Penting untuk kita memiliki identitas apalagi jika sedang terjadi keadaan gawat darurat. Dengan kita tidak memiliki identitas maka apabila sesuatu terjadi pada kita, maka akan sulit bagi pihak berwajib untuk memberitahu keluarga kita. Setidaknya bawalah fotokopi dari passport anda jika anda tidak ingin membawa passport asli anda kemana-mana.

MYKI, Kartu Angkutan Umum


MYKI adalah kartu untuk anda dapat menikmati jasa angkutan umum di Melbourne. Kartu ini dibagi dalam 2 jenis menurut penggunaannya yaitu : Money dan Pass. Kartu yang cocok bagi turis adalah kartu Money dimana anda dapat mengisi ketika kosong atau sebelum habis. Berbeda dengan di Jakarta, kita harus mengisi kartu sebelum naik angkutan umum di loket-loket yang tersedia di beberapa lokasi strategis. Bukannya naik lalu bayar. Untuk saat ini belum tersedia pembayaran didalam angkutan umum di Melbourne kalau dulu bisa, namun tidak untuk saat ini ketika artikel ini ditulis.

Update artikel terakhir 22 October 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar