10 Tempat Wisata di Melbourne

Sebagai metropolis kedua di Australia, Melbourne yang merupakan ibu kota dari negara bagian Victoria menyimpan cukup banyak destinasi favorit. Selain itu, kota yang terletak di Port Philip ini juga masuk dalam jajaran kota layak huni di dunia. Setiap harinya ada puluhan ribu masyarakat dunia datang ke sini untuk melakukan berbagai kegiatan termasuk wisata.

Melbourne memiliki fasilitas hiburan yang lengkap, fasilitas pendidikan yang banyak, tempat melakukan investasi, dan destinasi wisata yang aman dan nyaman. Kalau Anda sedang berada di Melbourne untuk melancong, jangan ragu untuk datang ke 10 tempat wisata terbaik di bawah ini.


1. Luna Park


Luna Park adalah sebuah taman bermain untuk semua kalangan mulai anak-anak, remaja, hingga dewasa. Terletak tidak jauh dari kawasan Port Philip Bay, Anda bisa menikmati aneka wahana yang menarik mulai dari Bom Bom Car, Ferris Wheel, bianglala, hingga roller coaster yang akan membuat adrenalin Anda terkuras dengan habis.

Jam buka dari taman bermain ini berbeda setiap bulannya. Rata-rata Luna Park buka dari pukul 11.00 dan tutup pada pukul 23.00 waktu setempat. Untuk tiket masuk, anak-anak yang sudah memiliki tinggi lebih dari 130 cm dikenakan biaya masuk $48, antara 106-129 cm dikenakan $38 dan antara 85-105 cm dikenakan biaya $22. Tiket ini bisa digunakan untuk semua wahana dan tidak dibatasi.


2. Mt. Buller (Juni-Agustus)


Selama bulan Juni-Agustus setiap tahunnya, kawasan Gunung Buller tidak pernah sepi dikunjungi pelancong. Di tempat ini, Anda bisa melakukan melakukan cukup banyak aktivitas menarik seperti melakukan ski di ladang es yang memiliki luas hingga 300 hektare.
Selain melakukan ski sampai puas, Anda juga bisa menikmati restoran, kafe, dan beberapa akomodasi mulai yang kelas backpacker hingga hotel mewah. Harga paket penjelajahan di sini bervariasi tergantung dengan agen perjalanan. Namun, rata-rata untuk paket harian sekitar $85 belum termasuk akomodasi.


3. Lygon Street


Lygon Street sering dijuluki sebagai Italia kecil di kawasan Australia. Di tempat ini, Anda bisa mendapatkan aneka makanan dan minuman ala Italia yang memukau. Selanjutnya, deretan kafe yang menarik juga cocok untuk tempat nongkrong atau santai sejenak sembari menikmati udara Melbourne yang sejuk.

Selain lokasi yang cocok untuk wisata kuliner. Tempat ini juga memiliki pesona lain seperti toko buka dengan koleksi lengkap dan salah satu bioskop terbesar dan bersejarah seperti La Mama Theatre dan Cinema Nova.


4. Brighton Beach Box


Pantai Brighton yang terletak di Teluk kawasan Port Philip menyimpan cukup banyak pesona. Pertama, kawasan ini memiliki pantai dengan pasir yang sangat halus. Anda bisa bersantai di pinggiran laut untuk berjemur atau menikmati suasana yang tenang. Kedua, kawasan ini juga memiliki beberapa klub pantai yang menyediakan kapal pesiar.

Tidak jauh dari kawasan pantai, Anda bisa menemukan deretan gedung dan bangunan yang menjual aneka baju berkelas. Kafe di area pantai juga menjamur dan siap menyambut siapa saja yang datang. Bisa dibilang kawasan Pantai Brighton adalah one stop traveling yang akan membuat Anda puas dan betah berlama-lama di sini.


5. Great Ocean Road


Great Ocean Road adalah sebuah jalan raya yang terletak di pesisir selatan Australia. Anda bisa mengendarai mobil atau motor untuk melintasi kawasan berangin lengkap dengan pemandangan pantai memukau dan kealamian alam di sekelilingnya yang masih hijau.

Tidak berakhir di sini saja, kawasan Great Ocean Road juga memiliki banyak destinasi menarik di beberapa sudut jalannya. Ada Pantai Bells yang banyak digunakan oleh peselancar dunia, desa pantai, dan deretan kafe yang akan membuat Anda betah.


6. Katedral St. Paul dan St. Patrick


Katedral St. Paul adalah tempat yang dikunjungi banyak orang setiap harinya. Siapa saja boleh masuk ke dalam gereja untuk beribadah atau sekadar menikmati keindahan desain. Katedral St. Paul buka pada hari Senin-Jumat mulai pukul 08.00-18.00. Untuk hari Sabtu katedral buka dari 09.00-16.00 dan Minggu buka mulai 07.30-20.00.

Tidak begitu jauh dari Katedral St. Paul, terdapat Katedral St. Patrick. Tempat ibadah ini sangat terkenal karena sering digunakan untuk lokasi peribadatan dan misa besar. Katedral St. Patrick buka mulai pukul 07.00-18.30 setiap harinya.


7. Chapel Street


Kalau Anda suka jalan-jalan untuk mencari hiburan dan wisata kuliner, disarankan untuk datang ke Jalan Chapel. Kawasan yang cukup tua di Melbourne ini memiliki cukup banyak lokasi untuk makan hingga menikmati malam dengan bersantai-santai di bar yang menyediakan minuman dan makanan terbaiknya.

Anda yang menyukai sesuatu yang lebih tradisional bisa datang ke The Prahran Markets. Tempat ini merupakan pasar makanan tertua di Melburne yang menjual aneka makanan ringan, roti, hingga makanan laut yang akan membuat siapa saja rela menghabiskan uang di dompetnya.


8. Flagstaff Garden


Taman Flagstaff dibuka pertama kali pada tahun 1862. Sejak dibuka, kawasan yang memiliki cukup banyak koleksi bunga dan pohon ini menjadi tempat bersantai dan rekreasi. Setiap akhir pekan ada banyak warga di sekitaran Melbourne datang ke sini untuk berolahraga atau sekadar menikmati udara pagi sembari berwisata kuliner dengan nyaman.

Tidak jauh dari kawasan taman terdapat Pasar Queen Victoria. Anda bisa berbelanja aneka makanan di sana lalu berjalan lagi ke taman untuk menikmati kesejukan udara mulai pagi hingga menjelang siang. Selain bersantai dan makan-makan, Anda juga bisa berburu foto di sini hingga puas.


9. Philip Island


Ada tiga aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Philip. Aktivitas pertama adalah menyaksikan penguin yang sangat cantik. Di tempat ini, Anda bisa menyaksikan atraksi-atraksi penguin yang berada di alam liar saat mereka berenang hingga makan.

Aktivitas kedua yang bisa dilakukan di sini adalah surfing. Kawasan Pulau Philip memiliki ombak yang cukup menarik sehingga pernah dijadikan tempat diadakannya festival surfing. Terakhir, tempat ini juga dipenuhi oleh kuda untuk olahraga atau penjelajahan.


10. Souvereign Hill, Ballarat


Souvereign Hill adalah museum terbuka yang terletak di bekas tambang emas terbesar di Australia. Kawasan ini dibuka untuk umum pada tahun 1970 dan terus menyedot banyak wisatawan terutama pelajar yang ingin tahun proses pencarian emas secara tradisional.

Saat ini kawasan Souvereign Hill memiliki beberapa replika bangunan dari masa lalu seperti rumah dan alat pencarian emas. Selain itu, wisatawan yang datang ke sini juga bisa mengunjungi tempat oleh-oleh untuk membeli replika barang antik, buku, poster, dan hal-hal lain terkait dengan tambang. Tiket masuk di kawasan yang buka dari pukul 09.30 hingga 17.30 ini sekitar $15 untuk dewasa dan $8 untuk anak-anak.


Inilah beberapa tempat wisata wajib yang ada di Melbourne. Semoga bisa Anda gunakan untuk referensi ketika membuat rencana perjalanan. Selamat berwisata!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar